blackcobra18

BANJIR BANDUNG SELATAN

Ahadian Badruzaman | 13:16 |
Musim hujan buat sebagian orang mungkin menjadi berkah ya !!, seorang petani memerlukan air untuk mengairi sawah, seorang supir angkot mendapat segi keuntungan dari orang yang ingin bepergian tanpa khawatir kehujanan, pun seorang pawang hujan juga mungkin bisa mendapat banyak job ya untuk menghalau hujan heheheee.

Tapi buat beberapa orang / profesi, musim hujan bisa menjadi derita tersendiri..mungkin orang yang berprofesi sebagai tukang es, tukang sirop, tukang sun block mungkin xixixixii sedikit mempengaruhi pendapatan mereka ya? ya tapi itulah hidup tidak harus selalu diatas dan juga sebaliknya ya frenn. Kalau dilihat dari fakta terhadap isu di atas, mengakibatkan meluapnya sejumlah sungai seperti di daerah Bandung Selatan seperti Citarum, yang mengakibatkan meluapnya air sungai dan menggenangi pemukiman sekitar.

Ada beberapa zona banjir di kawasan kota dan kabupaten Bandung diantaranya : Baleendah, Soreang, Rancaekek bahkan di daerah kota pun seperti Margacinta dan kawasan Gede Bage sering tergenang dengan tinggi variatif mungkin hingga 2m lebih. Sori waktu lewat banjir gak bawa penggaris sih heuheuuu.

Beberapa penyebabnya menurut penulis dan mungkin beberapa dari anda  sekalian, faktor urbanisasi termasuk salah satu yang terbesar. dan mirisnya yang penulis lihat di lapangan penyumbang terbanyak jumlah penduduk adalah pendatang bukan angka kelahiran. Contoh aja di daerah Baleendah banyak terdapat pusat pendidikan, industri dan perumahan yang cukup besar dan hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum pendatang untuk bekerja dan tinggal.

Dan itu menjadi masalah yang teramat besar ketika sebagian orang / perusahaan berusaha membangun sebuah bangunan tanpa prosedur dan pengetahuan yang cukup baik, kadang2 mereka membangun tanpa melihat dan memerhatikan sebab akibat, apa yang harus dilakukan dan apa yang akan dituai di masa depan.

Berdasarkan info saja untuk kawasan Baleendah terdapat kurang lebih 10-12 kompleks perumahan. Ini menandakan tingginya minat dari masyarakat untuk memiliki rumah yang dekat dengan tempat kerja atau pendidikan ditambah karena kawasan tersebut dekat dengan pusat kota Bandung dan akses beberapa jalan yang sudah diperlebar sehingga akses transportasi semakin memadai.

Harapan mah ya :p gimana yang penting semoga untuk kedepan diharapkan adanya hubungan yang sinergi, kontinuitas, selaras antar pihak terkait seperti pemerintah, pengusaha dan masyarakat agar kerugian tidak bertambah besar akibat banjir musiman, sukur2 menghasilkan cara / ide yang instan agar tidak banjir lagi dengan resiko sekecil2nya. Dan yang penting agar Bandung tidak lagi dicap kota banjir, mending kalau banjir uang satuslebu yaa hihihih.

(blogger)***